Sedang memuat....Harga Tiket Masuk Candi Penataran Blitar....

Harga Tiket Masuk Candi Penataran Blitar

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Penataran Blitar

Hargatiketmurah.com – Candi Penataran Blitar – Blitar merupakan salah satu daerah di Jawa Timur, bagian selatan Kabupaten Blitar yang dipisahkan oleh Sungai Brantas dikenal sebagai penghasil kaolin dan dilintasi oleh Pegunungan Kapur Selatan. Pantai yang terkenal antara lain Pantai Tambakrejo, Serang dan Jalasutra. Blitar memiliki banyak destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi saat musim libur diantaranya terdapat wisata Soko Adventure, Candi Penataran, Candi Sawentar, Monumen Trisula, Gua Embultuk, Rambut Monte dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini kami situs Harga Tiket Murah ingin memberikan informasi mengenai salah satu tempat pariwisata yang ada di Blitar yaitu Candi Penataran. Simak ulasannya berikut ya…

Wisata Candi Penataran Blitar merupakan komplek candi Hindu yang berada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Walaupun candi ini memiliki nama asli Candi Palah, namun hingga saat ini nama Candi Penataran lebih terkenal dibandingkan nama aslinya. Terletak di lereng barat daya Gunung Kelud dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan laut, Candi Penataran ini adalah Candi termegah dan terluas di Jawa Timur.

Candi Penataran pertama kali ditemukan pada tahun 1815 oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang kala itu menjabat sebagai gubernur jenderal pemerintah kolonial Inggris. Seiring berjalannya waktu, kompleks candi Penataran yang dahulunya sempat terabaikan sekarang mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah dan kemudian dipugar. Candi ini diusulkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 19 Oktober 1995.

Kompleks bangunan Candi Penataran menempati areal tanah seluas 12.946 meter persegi. Kompleks candi ini terdiri dari gugusan beberapa bangunan candi yang membujur dalam poros barat laut-tenggara, komplek candi ini disusun dalam pola linear, beberapa candi perwara dan balai pendopo terletak di depan candi utama. Di belakang candi utama di sisi timur terdapat sungai yang berhulu di gunung Kelud.

Untuk lebih mudahnya dalam memahami kompek Candi Penataran, bagian-bagian dari Candi Penataran disebut halaman depan, halaman tengah, dan halaman belakang. Susunan dari komplek Candi Penataran yang sangat unik dan tidak tersusun simetris. Hal ini mengambarkan bahwa pembuatan candi tidak dalam satu periode.

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Penataran Blitar

Gaya relief candi ini menunjukkan bentuk yang jelas berbeda dari candi-candi Jawa Tengah dari sebelum abad ke-11 seperti Candi Prambanan. Wujud relief manusia digambarkan mirip wayang kulit, seperti yang bisa dijumpai pada gaya pengukiran yang ditemukan di Candi Sukuh. Pada dinding Candi Utama terukir relief Ramayana dengan tokoh Rama dan Shinta, dan relief Kresnayana dengan tokoh Krisna dan Rukmini.

Sejarah Candi Penataran

Candi Penataran dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Çrnga (Syrenggra) yang bergelar Sri Maharaja Sri Sarweqwara Triwikramawataranindita Çrengalancana Digwijayottungadewa yang memerintah kerajaan Kediri antara tahun 1190 – 1200. Candi ini dibangun sebagai candi gunung untuk tempat upacara pemujaan agar dapat menangkal atau menghindar dari mara bahaya yang disebabkan oleh Gunung Kelud yang sering meletus. Kitab Negarakretagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca menceritakan perjalanan Raja Hayam Wuruk ke Candi Palah untuk melakukan pemujaan kepada Hyang Acalapat, perwujudan Siwa sebagai Girindra (Giri Indra, raja penguasa gunung).

Harga Tiket Candi Penataran Blitar

Tiket Masuk : Rp 3.000

Parkir Motor : Rp 2.000

Parkir Mobil : Rp 5.000

*harga tersebut dapat berubah ubah, terutama pada musim liburan

Demikianlah sedikit informasi menganai Harga Tiket Masuk Wisata Candi Penataran Blitar yang dapat  Admin sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung diblog kami, sekian dan sampai jumpa…

Harga Tiket Masuk Candi Penataran Blitar | fajri | 4.5