Sedang memuat....Harga Tiket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang....

Harga Tiket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang

Harga Tiket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang

Harga Tiket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang – Lawang Sewu adalah gedung gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya, jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Sebutan “Sewu” [Jawa: Seribu], merupakan penggambaran sedemikian banyaknya jumlah pintunya.

Sejarah Lawang Sewu Semarang

Bangunan Lawang Sewu dibangun pada 27 Februari 1904 dengan nama lain Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS). NIS merupakan perusahaan kereta api swasta di masa pemerintahan Hindia belanda yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia menghubungkan Semarang dengan “Vorstenlanden” (Surakarta dan Yogyakarta) dengan jalur pertamanya Jalur Semarang Tanggung 1867.

Awalnya kegiatan administrasi perkantoran dilakukan di Stasiun Semarang Gudang (Samarang NIS), namun dengan berkembangnya jalur jaringan kereta yang sangat pesat, mengakibatkan bertambahnya personil teknis dan tenaga administrasi yang tidak sedikit, akibatnya kantor NIS di stasiun Samarang sudah tidak lagi memadai.

Berbagai solusi dilakukan NIS antara lain menyewa beberapa bangunan milik perseorangan sebagai solusi sementara yang justru menambah tidak efisien. Maka, diusulkanlah alternatif lain yaitu dengan membangun kantor administrasi di lokasi baru. Pilihan jatuh ke lahan yang pada masa itu berada di pinggir kota berdekatan dengan kediaman Residen. Letaknya di ujung Bodjongweg Semarang (sekarang Jalan Pemuda). Dalam proses pembuatan gedung baru ini NIS dibantu oleh Prof Jacob F Klinkhamer (TH Delft) dan BJ. Quendag, arsitek dari Amsterdam Belanda.

Harga Tiket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang

Pelaksanaan pambangunan dimulai 27 Februari 1904 dan selesai 1907. Pada masa penjajahan Jepang, gedung ini pernah menjadi lokasi pertempuran antara pemuda Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) melawan Kempetai dan Kidobutai Jepang selama 5 hari (14 Oktober -19 Oktober 1945) tragedy tersebut juga dikenal dengan Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Pemerintah Kota Semarang memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi. Saat ini bangunan tua Lawang Sewu tersebut sudah mengalami tahap konservasi dan revitalisasi yang dilakukan oleh Unit Pelestarian benda dan bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero.

Di tempat ini Anda dapat melihat betapa banyaknya jendela berukuran lebar dan tinggi yang melekat pada bangunan. Semua struktur bangunan, pintu dan jendela mengadaptasi gaya arsitektur Belanda. Bangunan Lawang Sewu memiliki tiga lantai yang memiliki dua sayap membentang ke bagian kanan dan kiri bagian. Jika pengunjung memasukkan bangunan utama, mereka akan menemukan tangga besar untuk menuju  ke lantai dua.

Harga Tiket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang

Hal menarik lain dari Lawang Sewu adalah adanya ruangan bawah tanah yang terdapat dibawah gedung, fungsinya adalah untuk saluran air dan menjaga kondisi ruangan diatasnya agar tidak panas. Pada masa penjajahan Jepang, ruang bawah tanah Lawang Seu ini digunakan untuk penjara, baik bagi pejuang pribumi dan beberapa orang Belanda.

Penjara yang diciptakan Jepang ini bernama penjara jongkok, penghuni penjara ini harus tinggal di dalam sebuah bak yang hanya memiliki tinggi 0,5 meter dan kemudian dibagian atasnya ditutup dengan teralis besi. Di bagian bawahnya selalu digenangi air. Tak heran apabila banyak pejuang yang mati di penjara ini. Dari kejadian masa lalu seperti ini lah yang membuat Lawang Sewu memiliki aura yang sangat angker.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Lawang Sewu Semarang

Harga Tiket Masuk

Dewasa : Rp 10.000

Anak-anak : Rp 5.000

Pelajar : Rp 5.000

Jam Buka

Jam buka lawang Sewu sendiri adalah dari mulai pukul 07.00 – 21.00.

Alamat Lawang Sewu Semarang

Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang

Jawa Tengah, Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai Harga Tiket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang yang dapat Admin sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kota Semarang Jawa Tengah.

 

 

 

Harga Tiket Murah, Kumpulan Harga Tiket Termurah

Harga Tiket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang | fajri | 4.5