Sedang memuat....Harga Tiket Masuk Wisata Museum Adityawarman Padang....

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Adityawarman Padang

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Adityawarman Padang

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Adityawarman Padang – Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia. Di kalangan masyarakat Indonesia, nama kota ini umumnya diasosiasikan dengan etnis Minangkabau dan masakan khas mereka yang umumnya dikenal sebagai masakan Padang.

Kota Padang yang terkenal akan legenda Sitti Nurbaya dan Malin Kundang saat ini sedang berbenah ke arah pembangunan kepariwisataan. Kota ini memiliki sebuah museum yang terletak di pusat kota yang bernama Museum Adityawarman, yang memiliki gaya arsitektur berbentuk rumah adat Minangkabau (Rumah Gadang).

Rumah bagonjong atau rumah gadang merupakan rumah panggung dengan atap seperti bentuk tanduk kerbau yang bertumpuk. Jumlah gonjong yang ada di atap museum ini sendiri berjumlah tujuh pucuk. Museum ini sangat mudah dijangkau karena letaknya berada dipusat kota Padang.

Museum Adityawarman adalah museum budaya provinsi Sumatera Barat yang terletak di Kota Padang. Pembangunan museum ini dimulai pada tahun 1974, kemudian museum ini diresmikan pada 16 Maret 1977 mengambil nama besar salah seorang raja Malayapura pada abad ke-14, yaitu Adityawarman. Dalam tinjauan sejarah, Raja Adityawarman merupakan salah satu raja Minangkabau yang berasal dari kebangsawanan Majapahit.

Museum Adityawarman  berdiri diatas lahan seluas kurang lebih 2,6 hektare dengan luas bangunan sekitar 2.854,8 meter persegi. Di halaman depan museum terdapat dua lumbung padi dan terlihat 2 patung laki-laki dan perempuan yang keduanya menggunakan baju adat khas Padang. Disekitar museum ini juga terdapat miniatur pedati, bendi dan pesawat perang sisa peninggalan perang dunia ke-II.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Adityawarman Padang

Museum Adityawarman ini memiliki julukan Taman Mini ala Sumatera Barat, karena museum ini khusus memberikan informasi mengenai sejarah dan budaya suku Minangkabau, selain itu didalam museum ini juga menampilkan sejarah dari suku Mentawai dan suku Nias. Setidaknya saat ini Museum Adityawarman sudah memiliki 6.000 koleksi.

Koleksi yang terdapat di museum Adityawarman ini di kelompokkan menjadi 10 macam jenis koleksi. Meliputi geologika/geografika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa serta teknologika. Koleksi lain yang ada di museum ini adalah benda purbakala peninggalan kerajaan Dharmasraya, yaitu berupa duplikat patung Bhaiwara dan Patung Amoghapasa.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Adityawarman Padang

Ruang utama museum menampilkan diaroma yang mempresentasikan sistem adat yang dimiliki oleh masyarakat Minang dengan penjelas tersturktur mengenai hubungan kekerabatan dalam adat Minangkabau. Museum ini juga memaparkan aktivitas perempuan Minang, mulai dari mengasuh anak, memasak untuk keluarga dan lingkungan lebih luas, sampai tradisi lisan yang berupa pantun. Di salah satu sudut museum juga terdapat ruang peragaan pelaminan pernikahan adat Minang.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Adityawarman Padang

Museum Adityawarman juga mengoleksi 13 manuskrip Al-Qur’an dengan keadaan yang masih terawat. Kertas yang digunakan pada manuskrip ini adalah kertas Eropa, sebagian besar memiliki cap kertas Propatria dan Singa berpedang. Kulit Al-Qur’an sebagian besar sudah rusak dan diganti dengan kain yang  dilapisi kertas, dan kemudian diberi warna kecoklatan sehingga menyerupai warna kulit sebagaiman pada dua Al-Qur’an lainnya yang masih memiliki cover yang terbuat dari kulit binatang.

Museum Adityawarman ini bisa dijadikan sebagai tempat melengkapi atau menunjang hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan seperti penelitian, atau berbagai referensi pembelajaran bagi siswa atau mahasiswa. Setiap harinya Museum Adityawarman selalu didatangi oleh banyak pengunjung, mulai dari warga lokal hingga wisatawan mancanegara. Apalagi di hari libur, museum ini nyaris penuh dengan pengunjung.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Adityawarman

Harga Tiket Masuk

Dewasa : Rp 3.000

Anak-anak : Rp 2.000

Jam Buka

Setiap Hari : Pukul 08.00-16.00 WIB

Alamat Museum Adityawarman

Jl. Diponegoro, Belakang Tangsi

Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Harga Tiket Masuk Wisata Museum Adityawarman Padang, semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah referensi tempat berlibur Anda.

 

 

Harga Tiket Murah, Kumpulan Harga Tiket Termurah

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Adityawarman Padang | fajri | 4.5