Sedang memuat....Harga Tiket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo....

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo – Solo atau yang juga dikenal dengan nama Surakarta merupakan daerah yang memiliki beberapa objek wisata menarik yang cocok dikunjungi saat musim liburan. Beberapa nama objek wisata yang ada di Solo yaitu Taman Jurug, Keraton Kasunanan, Pasar Gede, Taman Sriwedari, Museum Radya Pustaka dan masih banyak lagi.

Nah, pada kesempatan kali ini Admin ingin memberikan informasi mengenai salah satu tempat pariwisata yang ada di Solo yaitu Museum Radya Pustaka. Simak ulasannya berikut ya…

 Museum Radya Pustaka adalah museum tertua di Indonesia yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Museum ini didirikan pada tanggal 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV di dalem Kepatihan. Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV ini  pernah menjabat sebagai Patih Pakubuwono IX dan Pakubuwono X. Lalu pada 1 Januari 1913 museum ini dipindahkan ke lokasinya sekarang ini, yaitu Gedung Museum Radyapustaka di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta.

Museum Radya Pustaka tidak berada di bawah naungan Dinas Purbakala maupun Dinas Pariwisata Pemerintahan Daerah setempat namun berstatus yayasan. Museum tersebut dikelola dan dikembangkan oleh sebuah yayasan bernama Yayasan Paheman Radya Pustaka Surakarta yang dibentuk pada tahun 1951. Lalu untuk tugas pelaksanaan sehari-hari dibentuk presidium yang pertama kalinya pada tahun 1966 diketahui oleh Go Tik Swan atau juga dikenal dengan nama K.R.T. Hardjonagoro.

Di depan gedung museum, para pengunjung akan menjumpai sebuah patung dada R. Ng. Rangga Warsita. Beliau merupakan seorang pujangga keraton Surakarta yang sangat termasyhur dan hidup pada abad ke-19. Patung ini diresmikan oleh presiden Soekarno pada tahun 1953. Pada bagian depan dan belakang patung ini terdapat prasasti yang ditulis menggunakan aksara Jawa. Di bagian serambi museum terdapat beberapa meriam beroda dari masa VOC yang berasal dari abad ke-17 dan ke-18. Selain itu terdapat pula beberapa arca-arca Hindu-Buddha, diantaranya arca Rara Jonggrang, arca Boddhisatwa dan Siwa.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo

Museum Radya Pustaka memiliki koleksi yang terdiri dari berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit, selain itu museum ini juga memiliki perpustakaan yang menyimpan buku-buku budaya dan pengetahuan sejarah, dan kesusastraan seni budaya baik dalam Bahasa Jawa kuno maupun Bahasa Belanda. Koleksi buku kuno yang banyak dicari itu di antaranya mengenai Wulang Reh karangan Pakubuwono IV yang isinya antara lain mengenai petunjuk pemerintahan dan Serat Rama karangan Pujangga Keraton Surakarta bernamaYasadipura I yang menceritakan tentang wiracarita Ramayana.

Di bagian dalam gedung juga terdapat sebuah patung kepala raksasa yang terbuat dari kayu dan merupakan hasil karya Pakubuwono V. Patung ini ialah hiasan depan sebuah perahu yang dipakai untuk mengambil permaisuri Pakubuwono IV yang berasal dari Madura. Sampai sekarang patung ini masih dianggap keramat dan sering diberi sesajian. Patung tersebut jumlah sebenarnya adalah dua: yang satu lainnya disimpan di Keraton Surakarta.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Radya Pustaka

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk museum ini adalah Rp 5.000.- per orang

Jam Buka

Museum Radya Pustaka buka pada hari Selasa sampai Minggu jam 8.30-14.00 WIB

Khusus hari Jum’at: 08.30 – 11.30 WIB

Hari Senin: LIBUR

Alamat Museum Radya Pustaka

Jl. Brigjen Slamet Riyadi 275 Sriwedari, Laweyan,

Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57141

Telp: +62 271 712306

Email: info@radyapustaka.com

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Harga Tiket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo yang dapat kami sampaikan, semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih dan sampai jumpa

 

 

 

Harga Tiket Murah, Kumpulan Harga Tiket Termurah

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo | fajri | 4.5