Sedang memuat....Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon....

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon – Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Cirebon juga dikenal dengan nama Kota Udang dan Kota Wali. Sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat, Kota Cirebon menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang menarik, salah satunya Taman Sari Gua Sunyaragi.

Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan salah satu cagar budaya yang berada di Kota Cirebon dan berdiri diatas lahan seluas 15 hektare. Nama “Sunyaragi” berasal dari kata “sunya” yang artinya adalah sepi dan “ragi” yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sanskerta. Tujuan utama didirikannya tempat tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi

Sejarah berdirinya gua Sunyaragi memiliki dua buah versi :

  • Versi Carub Kanda

adalah berita lisan tentang sejarah berdirinya Gua Sunyaragi yang disampaikan secara turun-temurun oleh para bangsawan Cirebon atau keturunan keraton.

  • Versi Caruban Nagari

yaitu berdasarkan buku Purwaka Caruban Nagari tulisan tangan Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon tahun 1720. Sejarah berdirinya gua Sunyaragi versi Caruban Nagari adalah yang digunakan sebagai acuan para pemandu wisata gua Sunyaragi. Menurut versi ini, Gua Sunyaragi didirikan tahun 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen, cicit Sunan Gunung Jati.

Konstruksi dan komposisi bangunan ini merupakan sebuah taman air, selain itu juga terdapat air terjun buatan sebagai penghias, patung wanita Perawan Sunti, dan Patung Garuda dan hiasan taman seperti Gajah. Taman ini memiliki teknologi pengaliran air yang canggih pada masanya, air mengalir di antara teras-teras tempat para putri raja bersolek, halaman rumput hijau tempat para ksatria berlatih, ditambah menara dan kamar istimewa yang pintunya terbuat dari tirai air. Karena itulah tempat ini disebut dengan Taman Sari Gua Sunyaragi.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon

Pada tahun 1997 pengelolaan gua Sunyaragi diserahkan oleh pemerintah kepada pihak keraton Kasepuhan. Hal tersebut sangat berdampak pada kondisi fisik gua Sunyaragi. Kurangnya biaya pemeliharaan menyebabkan lokasi wisata gua Sunyaragi lama kelamaan makin terbengkelai. Tahun 1852, taman ini sempat diperbaiki karena pada tahun 1787 sempat dirusak Belanda.

Pemugaran Tamansari Gua Sunyaragi pernah dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1937-1938. Pemugaran terakhir dilakukan Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Sejarah dan Purbakala, Direktorat Jenderal Kebudayaan, yang memugar Tamansari secara keseluruhan dari tahun 1976 hingga 1984. Sejak itu tak ada lagi aktivitas pemeliharan yang serius pada kompleks ini. Bangunan tua ini hingga kini masih ramai dikunjungi orang, karena letaknya persis di tepi jalan utama.

Kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Pesanggrahan dan bangunan gua. Bagian pesanggrahan dilengkapi dengan serambi, ruang tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah dan dikelilingi oleh taman lengkap dengan kolam. Bangunan gua-gua berbentuk gunung-gunungan, dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air. Bagian luar kompleks bermotif batu karang dan awan.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon

Taman Sari Gua Sunyaragi terdiri atas 12 bagian antara lain :

  • Bangsal jinem sebagai tempat sultan memberi wejangan sekaligus melihat prajurit berlatih.
  • Gua pengawal sebagai tempat berkumpul par apengawal sultan.
  • Kompleks Mande Kemasan (sebagian hancur).
  • Gua pandekemasang sebagai tempat membuat senjata tajam.
  • Gua simanyang sebagai tempat pos penjagaan.
  • Gua langse sebagai tempat bersantai.
  • Gua peteng sebagai tempat nyepi untuk kekebalan tubuh.
  • Gua arga jumud sebagai tempat orang penting keraton.
  • Gua padang ati sebagai tempat bersemedi.
  • Gua kelanggengan sebagai tempat bersemedi agar langgeng jabatan.
  • Gua lawa sebagai tempat khusus kelelawar.
  • Gua pawon sebagai dapur penyimpanan makanan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Taman Sari Gua Sunyaragi

Harga tiket masuk: Rp. 10.000

Harga parkir: Rp. 5.000

Harga pemandu: Rp. 40.000-50.000 (harga nego)

Jam buka: 08.00-17.30

Fasilitas di Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Sunyaragi memiliki beberapa fasilitas pendukung diantaranya tempat parkir lumayan luas, taman bagian depan mendapat sentuhan baru untuk istirahat para wisatawan. Terdapat juga panggung budaya yang digunakan untuk pementasan kesenian Cirebon.

Itulah sedikit ulasan mengenai Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon yang dapat kami sampaikan, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

 

 

 

 Harga Tiket Murah, Kumpulan Harga Tiket Termurah

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon | fajri | 4.5